Selasa, 14 September 2010

Tugas dari guru Bahasa Indonesia kelas 7

.....
Ular marah lalu mengatakan bahwa Pak Kasim loba dan tamak. Selalu tidak puas, nanti kalau diberi kereta emas dan kudanya, tentu minta jadi raja. Pak Kasim harus menerima hukumannya. "Pulanglah," kata ular.
Setiba di rumah, gedung yang bagus tidak ada lagi. Yang ada gubugnya yang dahulu. Si Kasim dan emaknya kembali berpakaian yang compang camping. Tetapi apa boleh buat, nasi telah menjadi bubur.
1. Jelaskan hal menarik dari penggalan dongeng di atas!
2. Apa amanat/pesan moral yang terdapat pada penggalan dongeng di atas?

(1)Di Cikini, Mampang, Jakarta Pusat, sampah di pemukiman warga diangkut setiap tiga atau empat hari sekali. (2) Dita, warga Cikini, Mampang,mengatakan bahwa jadwal pengangkutan sampah dua kali seminggu itu pun kadang belum tentu terlaksana. (3) Beberapa kali ia mendapati sampah sudah menumpuk di dekat rumahnya, tetapi tukang sampah belum juga datang memungutnya.
(4) Jadwal pengambilan sampah yang terbatas itu ternyata mendorong warga sekitar membuang sampah sembarangan, terutama di saluran air yang adadi kawasan tersebut. (5) Kebiasaan warga ini terus berkembang karena tidak ada pengawasan dan sanksi dari pemerintah setempat.
3. informasi pokok dari berita tersebut adalah ....

Tugas dikerjakan di kertas dan dikumpulkan hari pertama masuk sekolah!

1 komentar:

  1. Nama :Yeremia yudha
    Kelas:7A
    Jawaban

    1.Sesudah ular itu menyuruh Pak Kasim untuk pulang karena setibanya di rumah Pak Kasim,semuanya berubah menjadi dulu lagi
    2.Jgn suka meminta-minta hal yg terlalu berlebihan
    3.Di Cikini,Mampang,Jakarta Pusat,sampah di pemukiman warga diangkut setiap tiga atau empathari sekali

    BalasHapus